ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Selain kidal, ternyata ada yang lain

Saat ini, dalam menulis, melempar, dan memukul, kita mengenal perbedaan antara orang kidal dan tidak. Sebenarnya, tidak hanya orang kidal dan tidak saja, tapi ada 4 macam dominasi tangan (hand orientation) yang dialami manusia:

1. Right-handedness (tangan kanan dominan/pengguna tangan kanan)

Right-handedness (pengguna tangan kanan) adalah hand orientation yang paling banyak di populasi manusia. Hampir 90% penduduk dunia lebih dominan menggunakan tangan kanan untuk melakukan sesuatu hal seperti menulis, memasak, dan lainnya. Pengguna tangan kanan memiliki koordinasi lebih bagus dalam melakukan sesuatu dengan tangan kanan. Hampir semua peralatan di dunia didesain unutk digunakan oleh orang yang menggunakan tangan kanan (gunting, gitar, pistol, dll).

2. Left-Handedness (tangan kiri dominan/kidal)

Orang kidal memiliki koodinasi lebih bagus dalam melakukan sesuatu dengan tangan kiri, atau bisa dikatakan orang kidal adalah kebalikan dari orang yang menggunakan tangan kanan pada umumnya. Populasi orang kidal di dunia sekitar 7-10%. Contoh orang kidal yang terkenal adalah Presiden AS, Barack Obama.

3. Cross-Handedness

Cross-Handedness bisa diartikan sebagai orang yang dominan menggunakan tangan kanan untuk suatu tugas, dan dominan menggunakan tangan kiri untuk tugas lainnya. Contohnya: X menulis dengan tangan kanan, tetapi saat melempar bola ia menggunakan tangan kiri. Contoh orang terkenalnya adalah Donovan Mcnabb (pemain NFL), Leonardo da Vinci (seniman), Rafael Nadal (petenis), dan Beethoven (komposer).

4. Ambidexterity

Ambidexterity adalah orang yang bisa melakukan suatu tugas sama baiknya dengan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri. Contohnya: X bisa menulis dan melempar bola dengan tangan kanan dan kirinya. Orang yang Ambidexterity amat jarang, namun bisa dilatih, contohnya adalah Billy Wagner, Pitcher MLB. Ia aslinya melempar dengan tangan kanan, namun karena tangan kanannya cedera, ia melatih tangan kirinya untuk melempar bola. Kini, lemparan kidalnya bisa menembus kecepatan 100 mph. Contoh orang Ambidexterity lainnya adalah Ronnie O’Sullivan (pemain Snooker) dan Michael Beasley serta David Lee (pemain NBA).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s