ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Rekor-Rekor Unik Dari Para Pemimpin Negara

Ini adalah rekor-rekor yang dipegang oleh pemimpin negara-negara monarki

Pemegang kekuasaan monarki terlama:

Raja Taejo (Korea) memimpin selama 93 tahun, dari tahun 53 sampai 146 masehi, tapi ada juga yang mengatakan Pepi II Neferkare, firaun Mesir adalah pemegang kekuasaan terlama, yaitu 95 tahun, namun bukti yang mengatakan hal itu tidak kuat. Ada juga yang mengatakan Minhti, raja Arakan (Burma) juga berkuasa selama 95 tahun, namun bukit juga tidak kuat.

di masa sekarang, pemegang rekornya adalah raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang memimpin Thailand selama 63 tahun.

Pemegang kekuasaan monarki terpendek:

Luis Philipe dari Portugal, ia secara de facto memimpin Portugal selama 20 menit. Saat itu, terjadi pemberontakan yang menewaskan ayahnya, dan ia sendiri bertahan hidup selama 20 menit. Karena Luis adalah anak sulung, ia secara de facto meneruskan kekuasaan ayahnya, namun Kekaisaran Portugal tidak memiliki peraturan akan adanya penerus kekaisaran secara otomatis, sehingga rekor ini masih menjadi perdebatan.

Dinasti terlama

Secara resmi, kaisar Jepang saat ini, Akihito adalah keturunan dari kaisar pertama, Kaisar Jimmu, yang berkuasa sekitar 1 abad sebelum masehi.Tapi, bukti dokumen hanya ada dari kaisar ke 29, kaisar Kimmei

Ratu Elizabeth II dari Inggris merupakan keturunan dari Arnulf dari Metz, pendahulu Charlemagne. Bukti Dokumen menyatakan dinasti yang bertahan hingga saat ini, memiliki 47 generasi.

Nomor nominal monarki terbanyak

nomor nominal monarki ini maksudnya adalah nomor yang menunjukkan jumlah anggota kerajaan yang memiliki nama sama (contoh Elizabeth II). Rekornya adalah 75 untuk Count Heinrich LXXV. Ini berarti dalam keluarga kerajaan tersebut ada 75 orang bernama Heinrich.

Raja Terberat

Raja terberat yang pernah tercatat adalah Taufa’ahau Tupou IV, raja Tonga dari tahun 1965-2006. Pada masa puncaknya di tahun 1976, beratnya tercatat 209,5 kg.

2 responses

  1. bagus informasinya ….

    14 April 2010 pukul 12:11 AM

    • wkwk thx gan

      14 April 2010 pukul 9:24 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s