ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Pasukan-pasukan khusus Indonesia

Kita sering mendengar nama-nama seperti Navy SEAL, Black Ops, dan nama-nama pasukan khusus Amerika di film dan televisi kan? Indonesia juga mempunyai pasukan khusus macam itu, dan kehebatan pasukan khusus Indonesia juga tak kalah dari pasukan khusus negara lain:

1. Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Kopassus merupakan pasukan khusus TNI Angkatan Darat, dan merupakan salah satu pasukan khusus yang paling terkenal di Indonesia. Kopassus pertama kali dibentuk pada tahun 1952 dengan nama Kesko III/Siliwangi, sebelum berubah nama menjadi Kopassus tahun1986. Kopassus dikenal di masa pemerintahan Soeharto, sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kasus hilangnya aktifis politik yang menentang Soeharto. Tapi, Kopassus banyak berperan besar dalam menangani masalah-masalah berat di Indonesia. Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, serta berbagai operasi militer lainnya. Kopassus menduduki peringkat ketiga sebagai pasukan khusus militer di dunia oleh Millitary Channel dari TV Discovery, dibawah SAS (Inggris) dan Mossad (Israel).

2. Denjaka (Detasemen Jala Mengkara)

Denjaka merupakan pasukan khusus TNI Angkatan Laut yang dibentuk tahun 1982. Denjaka dibentuk untuk menangani masalah-masalah di wilayah laut, seperti terorisme, pembajakan kapal, dan lainnya. Denjaka pernah beberapa kali melakukan latihan gabungan dengan pasukan khusus Amerika, Navy SEAL. Markas Denjaka saat ini berada di Korps Marinir di Cilandak. Persenjataan Denjaka juga cukup lengkap, seperti Minimi 5,56 mm, g36, HK416, SS-1, CZ-58, Styer AUG, SS-2, HK 53, UZI, SPR-1 MP5, Beretta 9 mm, dan SIG-Sauer 9 mm.

3. Detasemen Bravo 90

Detasemen Bravo 90 merupakan pasukan khusus TNI Angkatan Udara, dan merupakan pasukan khusus termuda diantara pasukan militer khusus lainnya. Dibentuk pada tahun 1990, pasukan ini dibentuk untuk menangani masalah terorisme, pembajakan pesawat, intelejensi, dan lainnya dalam kekuasaan TNI-AU. Misi-misi yang pernah dilakukan pasukan ini adalah konflik Ambon, konflik GAM, serta pengamanan di Timor Leste. Pasukan ini juga bekerja sama dengan pasukan khusus Rusia.

4. Densus 88 (Detasemen Khusus 88)

Detasemen ini adalah pasukan khusus dari POLRI. Pasukan ini dikenal karena misinya dalam menangani terorisme domestik di Indonesia, terutama dalam menangani masalah bom. Misi dari Detasemen ini paling banyak dikenal, seperti saat pengebrekan teroris di Pamulang, Solo, dan Temanggung. Pencapaian terbesarnya adalah berhasil mengepung komplotan Dr. Azhari dan menyebabkan tewasnya buronan nomor satu Indonesia tersebut.

One response

  1. serbuuuu…..dengan segala ketrampilan dan keahliannya pasukan2 tersebut pasti mampu menghanghantam musuh.
    (mampir mas ke blogku trus kasih komentar)

    13 Mei 2010 pukul 2:28 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s