ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Legenda-legenda sepakbola yang tak pernah bermain di piala dunia

Bermain di Piala Dunia adalah impian setiap pemain sepak bola. Ada beberapa legenda sepakbola yang tak pernah bermain di Piala Dunia sepanjang hidupnya, mereka dianggap “lahir di waktu dan tempat yang salah” karena negara mereka tak pernah masuk piala dunia. Inilah para pemain itu:

1. George Best

Dikenal sebagai salah satu legenda di MU, Best tak pernah bermain di Piala Dunia, karena negaranya Irlandia Utara tak pernah lolos babak kualifikasi. Best padahal dianggap salah satu legenda dalam sepak bola, hingga ada ungkapan: “Maradona good; Pelé better; George Best.”

2. Ryan Giggs

Merupakan salah satu pemain terbaik MU di era Ferguson, kemampuan Giggs di lapangan tak diragukan lagi, bahkan hingga sekarang ia juga masih pilihan utama di MU. Tapi sayang, kemampuan negaranya, Wales belum pantas untuk masuk Piala Dunia sehingga ia belum pernah bermain di Piala Dunia.

3. Ian Rush

Pemain legendaris Liverpool yang baru saja datang ke Indonesia ini memang seorang pemain yang berbakat, namun sayang lagi-lagi negaranya, Wales tak pernah bisa tampil di Piala Dunia.

4. Eric Cantona

Negara legenda MU ini, Perancis sebenarnya hampir tampil di Piala Dunia 1998 ketika menjadi tuan rumah dan juara, namun saat itu namanya dicoret dari skuad Aime Jaquet karena kalah bersaing dari Zinedine Zidane. Sedangkan selama ia bermain untuk Perancis, negaranya tak pernah lolos Piala Dunia.

5. George Weah

Legenda AC Milan ini adalah pemain terbaik dunia, eropa, dan afrika tahun 1994. Namun, ia bermain untuk Liberia, dimana negaranya tidak cukup kuat untuk tampil di pentas dunia.

6. Abedi Pele

Disebut sebagai “Pele dari Afrika”, negara pemain terbaik Afrika 3 kali, serta salah satu legenda Marseille ini, Ghana cukup hebat di Afrika, namun untuk Piala Dunia belum cukup kuat sehingga ia belum pernah bermain di Piala Dunia. Sayangnya Ghana akhirnya masuk ke Piala Dunia 2006.

7. Alfredo di Stefano

Dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat yang pernah ada, di Stefano tak pernah bermain di Piala Dunia. Ketika ia membela negaranya, Argentina, tidak lolos ke Piala Dunia 1950. Ia menjadi warga Spanyol pada tahun 1956, tapi di Piala Dunia 1958 Spanyol tak lolos, sedang di Piala Dunia 1962, di cedera.

8. Matthew Le Tessier

Legenda Southampton ini merupakan salah satu pemain terbaik Inggris. Spesialis dalam mengeksekusi bola mati ternyata tidak menjadi jaminan masuk timnas Inggris kala itu, yang memiliki talenta lain, Paul Gascoigne yang memiliki posisi sama dengannya. Kiprahnya bersama Southampton, yg bukan tim besar di liga, juga menjadi alasan ia tak dipanggil Timnas.

9. Duncan Edwards

Salah satu legenda MU di era Sir Matt Busby, dan dianggap salah satu pemain paling berbakat Inggris oleh Bobby Charlton. Ia tidak pernah bermain di Piala Dunia karena kecelakaan tragis yang menimpa tim MU sepulang dari Piala Eropa 1958. Ia tewas dalam kecelakaan itu.

10. Valentino Mazzola

Kejadian yang menimpanya mirip dengan kejadian Duncan Edwards. Dianggap salah satu legenda Torino ketika masa jaya mereka di saat setelah perang dengan membawa Torino juara Serie A. Mazzola tewas dalam kecelakaan pesawat yang menimpa Tim Torino. Ia hanya sempat bermain 12 kali untuk Italia, padahal ia dianggap Salah satu pemain Italia paling berbakat.

Sumber: http://www.worldcupblog.org/world-football/top-10-players-who-never-made-a-world-cup.html

One response

  1. saya kira Best dari Inggris, ternyata dari Irlandia

    21 Juli 2010 pukul 8:14 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s