ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Figur-figur pemimpin yang baik dalam serial TV

Untuk membuat suatu kelompok agar dapat bekerja dengan baik, diperlukan seorang pemimpin yang baik pula. Banyak sekali sikap-sikap yang diperlukan oleh pemimpin yang baik agar kepemimpinan yang dilakukannya berjalan dengan baik. Di saat ini mungkin figur-figur pemimpin yang ideal sudah mulai jarang terlihat, namun figur-figur pemimpin ideal itu masih terlihat dalam serial TV luar (kalau di Indonesia kebanyakan sinetron) terutama di serial-serial kriminal, seperti CSI atau NCIS. Ini beberapa Team Leader dalam serial TV yang bisa jadi panutan untuk menjadi pemimpin yang baik.

1. Leroy Jethro Gibbs (NCIS: Naval Crime Investigation Service)

Sebagai pemimpin tim NCIS dalam serial TV NCIS, Gibbs digambarkan sebagai pemimpin yang keras, disiplin, dan tegas. Sikapnya itu terbentuk karena ia adalah mantan marinir AS. Ia juga digambarkan sangat serius menanggapi segala kasus dan dalam menghadapi itu, ia juga adalah orang yang langsung to the point, artinya ia tak suka bertele-tele. Dibalik itu, ia amat menyayangi dan melindungi timnya dan segala kedisiplinannya adalah demi keselamatan timnya. Meski tegas dan disiplin, ia tak pernah diceritakan marah-marah sambil berteriak untuk mengerahkan timnya. Ia hanya perlu hadir disitu, dan itu menunjukkan keseganan timnya kepadanya.

2. Dr Gilbert “Gil” Grissom (CSI: Crime Scene Investigation)

Dalam serial TV CSI, Grissom digambarkan sebagai pemimpin yang amat baik kepada timnya, dan juga sangat dekat kepada timnya, sehingga bisa dianggap sebagai “ayah” oleh timnya. Ia juga sangat profesional dalam melaksanakan tugasnya, dan ia bisa mencerminkan sebagai pemimpin yang mencintai pekerjaannya, dimana hal ini amat penting bagi seorang pemimpin yang baik. Ia juga sering membantu timnya dengan keahliannya, semua hal ini membuat timnya senang dengan kepemimpinannya. Karakter Grissom sendiri masuk sebagai nomor 82 dalam Karakter TV Terbaik Sepanjang Masa.

3. Lt. Horatio Caine (CSI: Miami)

Horatio, atau sering dipanggil H digambarkan sebagai pemimpin yang amat tenang, dingin, dan tegas. Dalam serial TV CSI Miami, Horatio sangat jarang terburu-buru, bingung, dan bahkan raut mukanya sangat “poker face” (tenang) dalam segala keadaan. Sikapnya yang tenang inilah yang menjadi salah satu figur pemimpin yang baik, dimana dalam segala kesulitan ia selalu berpikir dingin, tenang, dan tidak terburu-buru, hal ini bisa membuat timnya lebih tenang dan berpikir dingin juga.

4. Mac Taylor (CSI: NY)

Mac adalah pemimpin tim CSI dalam serial CSI NY. Ia digambarkan serius, namun diluar tugas dia amat baik hati dan menyenangkan timnya. Disamping menjadi CSI, ia juga seorang musisi di cafe. Sikapnya yang mampu menyesuaikan sifatnya sesuai tempatnya adalah salah satu yang terpenting dalam kepemimpinan. Ini membuatnya disenangi sekaligus disegani oleh timnya.

5. Henrietta “Hetty” Lange (NCIS: LA)

Hetty adalah Manager Operasi di NCIS LA, dan ia adalah seorang wanita yang bertubuh kecil. Meski bertubuh kecil, timnya amat menyeganinya karena sikapnya yang tegas dan ahli mengintimidasi. Ia berperan penting dalam timnya dengan koneksinya yang amat banyak, dari pemimpin negara, organisasi lain, dan semua agennya. Sikapnya yang tetap tegas, dan mengenal semua timnya adalah sikap yang penting dalam seorang pemimpin yang baik. Ia juga menunjukkan, bahwa pemimpin itu tidak ditentukan dari tinggi tubuh, jenis kelamin, atau raut muka yang seram, namun yang penting adalah ketegasan dan kharisma.

Mungkin, sayangnya semua pemimpin ini hanya ada di TV, untuk selanjutnya, adalah kita yang mengaplikasikan semua pemimpin dalam TV tadi, kedalam kehidupan nyata ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s