ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Game Online yang benar-benar “Gratis”

Di Indonesia sekarang sedang mewabah demam game online. Banyak game-game online baru bermunculan di Indonesia saat ini dari berbagai macam jenis genre. Game online memang memberikan beberapa masalah bagi anak-anak sekolah, karena selain memakan waktu belajar, sebagian besar game online ini mengharuskan pemainnya untuk membeli item dengan uang asli (voucher game) untuk membuat karakter gamenya lebih bagus, jika tidak membeli voucher tersebut, tampaknya karakter game mereka tak akan bisa bagus. Banyak pemain game yang menghabiskan uang hingga jutaan untuk membeli voucher-voucher tersebut. Maka, lebih baik kita bermain game online yang benar-benar gratis, sehingga tak perlu mengahbiskan banyak uang hanya untuk game online. Ini beberapa game Online yang benar-benar gratis untuk dimainkan:

1. World of Warcraft (WoW)

WoW adalah game online terbaik di dunia menurut bergbagai macam majalah game, gamer, dan kritikus game. Permainannya mengasikkan, dan terlebih lagi, di Indonesia kita bisa memainkan ini secara gratis. Untuk mendapatkan game ini, kita bahkan tak perlu membelinya, kita bisa mendapatkannya secara “ilegal” dengan mendownloadnya di indowebster atau indogamers (perlu perjuangan karena size gamenya 20 giga) atau mengcopy gamenya langsung dari warnet ataupun milik teman, dan selama WoW yang official belum ada di Indonesia, hal ini masih normal. Selain gratis untuk memilikinya, dalam permainannya sendiri, kita tak perlu membeli voucher untuk mendapatkan item yang bagus, Game ini bisa dibilang murni skill pemainnya.

2. Defence of The Ancients (Dota)

Dota aslinya adalah map dari game warcraft III, yang menjadi lebih populer dibanding game aslinya sendiri. Dota sudah menjadi game online yang populer sejak lama di Indonesia, dan komunitas pemainnya juga sudah sangat banyak. Dota bisa dimainkan secara online dengan battlenet (fitur di dalam gamenya) ataupun secara LAN di warnet. Sama seperti WoW, untuk mendapat Dota kita tinggal mendownload di Internet atau mengcopy milik teman atau dari warnet. Di Dota, tak ada karakter khusus pemain ataupun sistem voucer, game ini juga murni dari skill pemain sendiri.

3. Counter-Strike (CS)

Jika kita suka bermain Pointblank atau CrossFire, kita hrusnya juga menyukai pendahulu game tersebut, yaitu CS. Cs bisa dimainkan secara online di Indonesia, dengan memasukkan IP server, di Indonesia server CS sendiri juga banyak, terutama untuk CS 1.6 dan CS:Source. Untuk mendapatkan gamenya, tinggal didownload di internet, dan dari teman atau warnet. Game ini benar-benar murni skill pemain, beda dari PB ataupun CF.

4. Heroes of Newerth (HoN)

HoN mirip dengan Dota, namun beda developer dan beberapa fiturnya, namun untuk gameplaynya, bisa dibialng mirip. HoN saat ini masih dalam masa Beta Testing, namun di Indonesia sudah banyak yang memainkannya. HoN sebenarnya tidak murni gratis, karena kita bisa menjadi donatur di HoN untuk menjadi member VIP, tapi untuk member gratis, fiturnya juga sudah cukup lengkap.

5. Mode Online Game-Game PC (dari BF, NFS, Left 4 Dead, COD 4, atau GTA)

Ada cara lain untuk bermain game online dengan gratis, yaitu dengan bermain mode online dari game-game PC yang disebutkan tadi. Di Indonesia, server COD 4 dan Left 4 Dead juga sudah ada banyak. Untuk GTA, terutama GTA San Andreas, kini juga muncul mode onlinenya dengan mendownload mod Online GTA. Semua game tadi bisa didownload di internet dan pinajm dari teman atau mengcopy dari warnet.

untuk game-game online gratis lainnya, lihat di link ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Free_online_games

(beberapa game online tersebut ada yang tidak bisa dimainkan di Indonesia)

2 responses

  1. wen

    Thanks infonya, saya punya teman kecil yang maniac game.

    7 Juni 2010 pukul 11:39 AM

  2. Sebetulnya yang disebutin diatas, ga ada satupun yang bener2 gratis

    10 Juni 2010 pukul 10:51 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s