ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Prediksi dan Analisa pertandingan Inggris vs Jerman

Babak 16 besar World Cup 2010 Afsel mempertemukan 2 tim Eropa dengan tradisi sepakbola kuat, Inggris vs Jerman. Pertandingan ini merupakan salah satu partai yang wajib ditonton di babak 16 besar World Cup ini. Siapa yang mampu menjadi pemenangnya? Ini prediksi dalam head-to-head per posisi.

Kiper:

Inggris: Kiper aslinya adalah masalah utama Inggris sejak lama (setidaknya sepeninggal David Seaman), dan itu terlihat dari blunder fatal Robert Green dalam pertandingan melawan  AS. Kini, masalah itu tampaknya teratasi dengan penampilan David James yang bisa dibilang jauh lebih baik dari Robert Green. Masalahnya, James belum mendapat lawan yang berarti di babak grup, dan pertandingan melawan Jerman adalah pertandingan yang sebenarnya.

Jerman: Penampilan Manuel Neuer lebih cemerlang dibanding kiper Inggris, sehingga posisi kiper bukan masalah bagi Jerman. Hanya saja Neuer memiliki kelemahan terhadap crossing dan corner, terlihat ketika kalah melawan Serbia dan melawan Ghana.

Bek:

Inggris: Bek-bek Inggris memiliki skill zonal marking yang baik, terutama bek tengah John Terry yang ketika melawan Slovenia bermain baik. Jamie Carragher juga sudah bisa tampil sehingga posisi bek tampaknya sudah aman bagi Inggris. Bek sayap Glen Johnson dan Ashley Cole juga baik dalam membantu serangan sayap, tapi dalam hal bertahan bek sayap Inggris tidak begitu sering menjaga areanya.

Jerman: Diantara kuartet bek Jerman, baru Phillip Lahm yang bermain cemerlang, selain menjaga sisi kanan lapangan, Lahm juga berperan di tengah dan kadang sampai ke kiri, dan juga membantu serangan dari sayap kanan. Duet bek tengah Per Mertesacker dan Arne Friedrich masih belum memuaskan, dimana Mertesacker kewalahan menghadapi lawan yang lebih cepat, dan Friedrich masih angin-anginan. Masalah utama Jerman adalah bek kiri, dimana diisi Holger Badstuber (vs Australia dan Serbia), serta Jerome Boateng dan Marcell Jansen (vs Ghana). Ketiga bek ini tampil buruk, terutama menghadapi lawan yang lebih cepat, sedang Jansen tidak menjaga daerahnya dengan baik.

Gelandang:

Inggris: Gelandang Inggris sudah bermain baik di pertandingan vs Slovenia. James Milner bermain apik di sayap, Gerrard dan Lampard juga sudah mulai membaik permainannya, dan Gareth Barry juga cemerlang. Jika mereka bermain buruk, masih ada Shaun Wright Phillips dan Joe Cole yang bisa melewati bek Jerman dengan kecepatannya. Masalahnya hanya Lampard-Gerrard belum padu di lini tengah, yang merupakan maslah Inggris sejak Piala Dunia 2006.

Jerman: Dengan kemungkinan absennya Bastian Schweinsteiger yang cedera, pilihan gelandang tengah pendamping Sami Khedira kemungkinan diberikan kepada Toni Kroos. Hal ini membuat posisi gelandang tengah Jerman agak bermasalah karen Khedira terlalu sering keluar dari posisinya dan Kroos tidak bermain bagus ketika melawan Ghana. Di gelandang sayap, Thomas Muller mungkin bisa diharapkan bermain cemerlang, namun akan sulit melewati kecepatan bek sayap Inggris. Lukas Podolski masih angin-anginan, dan permainannya juga “malas”. Mesut Oezil mungkin bisa dijadikan harapan Jerman di posisi ini.

Penyerang:

Inggris: Inggris mungkin mempunyai salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini, Wayne Rooney. Tapi Rooney belum menunjukkan kemampuannya, ini menjadi prolema lini depan Inggris.Hanya saja, jika Rooney tampil maksimal, itu akan menjadi problema bagi Jerman yang masih rapuh pertahannya. Untuk tandem Rooney, kemungkinan dipasang Jermain Defoe, untuk melewati bek-bek Jerman. Memakai Peter Crouch juga memungkinkan tapi bisa tidak efektif karena bek-bek Jerman memiliki postur tubuh tinggi dan tangguh di duel udara.

Jerman: Dengan kembalinya Miroslav Klose, Jerman bisa bermain seperti biasanya, dengan Klose sebagai target man utama. Problemnya adalah, Klose menjadi penyerang tunggal dan naluri menceak golnya sudah menurun. Penyerang cadangan Jerman juga belum menunjukan tajinya. Mario Gomez tidak bermain efektif dan Cacau juga tidak tajam. Kalau Jerman memakai 2 penyerang, tinggal Stefan Kiessling pilihan terakhir, namun sayang Kiessling minim pengalaman.

Pelatih:

Inggris: Beruntung Inggris memiliki Fabio Capello. Pelatih ini memiliki taktik dan visi yang bagus. Dalam melawan Jerman, dpastikan Capello sudah mendapat taktik terbaik untuk timnnya. Tinggal bagaimana nanti pemainnya bisa mlaksanakan taktik itu.

Jerman: Joachim Loew memang memiliki taktik bagus, namun sayang ia jarang mengubah taktik dalam mengahadapi lawan berbeda.

Prediksi:

Jerman diuntungkan dengan memakai pemain muda yang masih kuat staminanya, sedang Inggris memiliki pemain bertaraf bintang dan pelatih jenius. Dalam pertandingan, Inggris sepertinya akan menang dalam perang mental, dan koordinasi permainan yang lebih rapi dibanding Jerman. Jerman kemungkinan besar akan memakai taktik sama seperti di penyisihan grup, dan memainkan umpan-umpan pendek. Melihat dari head-to-head posisi tadi, Inggris lebih berpeluang menang, karena di tiap lini problem yang ada lebih sedikit dibanding Jerman.

Inggris vs Jerman : 55 : 45

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s