ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Jerman vs Argentina: Prediksinya

Final yang terlalu awal di Piala Dunia 2010: Jerman vs Argentina. Ini tentu saja adalah partai yang paling menarik di babak perempat final Piala Dunia kali ini, dimana kedua tim memiliki produktifitas tinggi dalam mencetak gol (Argentina 10 gol, Jerman 9 gol sejauh ini). Siapa yang bakal memenangkannya? Inilah Prediksinya berdasarkan head-to-head per posisi:

Kiper

Argentina: Sergio Romero belum mendapat lawan yang tangguh selama penyisihan grup maupun saat melawan Meksiko. Dari 4 pertandingan, gawangnya baru kebobolan 2 gol, dan lebih disebabkan oleh kesalahan bek dibanding kiper. Tapi sejauh ini, Romero cukup tangguh di bawah mistar.

Jerman: Manuel Neuer juga cukup baik bermain di bawah mistar, namun menghadapi umpan-umpan silang, Neuer agak kewalahan dan sering salah komunikasi dengan bek. Sejauh ini, penampilan Neuer bisa dibilang menjanjikan.

Bek

Argentina: Bek sebenarnya adalah kelemahan Argentina. Melihat dari 2 gol yang sudah bersarang di gawang Argentina, semuanya kesalahan bek. Namun, dengan kembalinya Walter Samuel, tampaknya masalah bek sudah diatasi. Tinggal bagaimana bek-bek Argentina bisa lancar berkomunikasi. Serangan dari bek sayap Gabriel Heinze dan Jonas Gutierrez juga cukup bagus dalam membantu serangan Argentina.

Jerman: Mengahadapi tridente Argentina, bek Jerman sekali lagi menjadi masalah bagi Jerman. Kali ini, kelincahan pemain Argentina diyakini bakal menyulitkan bek-bek Jerman yang lambat. Apalagi kalau Argentina menyerang ke tengah dan kanan, bek-bek Jerman bakal kewalahan mengahadang serangan secepat Argentina. Menjaga Messi dan Tevez itu akan sangat sulit, dan cara terbaik menghadapi serangan cepat Argentina adalah bermain lebih defensif, atau bahakan dengan 5 bek.

Gelandang

Argentina: Kemungkinan akan bermain dengan 3 gelandang, gelandang Argentina berperan sebagai poros penyerangan sekaligus membantu sektor bek yang masih bermasalah. Permainan gelandang Argentina cukup bagus, terutama Maxi Rodriguez dan Javier Mascherano di tengah, dan kadang Angel di Maria juga berperan penting dalam penyerangan. Sejauh ini, gelandang Argentina tak bermasalah.

Jerman: Gelandang Jerman bermain cukup baik ketika melawan Inggris dengan mensupport serangan dari sayap dan kadang menyerang dari tengah. Masalahnya, ada di gelandang bertahan yang diisi Sami Khedira. Khedira bagus dalam menyerang, namun dalam bertahan masih jauh dari bagus, dimana Khedira sering kehilangan posisi. Serangan sayap Thomas Mueller-Lukas Podolski juga masih perlu penyempurnaan, dimana Poldi masih bermain angin-anginan dan Mueller bakal kalah cepat kalau berhadapan dengan syap Argentina. Harapan Jerman tinggal dari sektor tengah dari kombinasi Mesut Oezil-Basti Schweinsteiger.

Penyerang

Argentina: Barisan penyerang Argentina, bisa dibilang adalah yang terbaik di Piala Dunia ini. Baik starter maupun cadangan memiliki skill dan kecepatan tinggi. Yang paling berbahaya adalah tridente Messi-Higuain-Tevez dimana ketiganya memiliki kecepatan fantastis dan naluri mencetak gol tinggi. Apalagi Messi, yang memberikan umpan-umpan bagus dengan kecepatannya, sekaligus merusak pertahanan lawan. Melawan pertahanan Jerman, bisa diyakini penyerangan Argentina lebih unggul.

Jerman: Penyerangan Jerman bertumpu pada Miroslav Klose, yang dibantu serangan sayap dari gelandang. Klose masih merupakan penyerang yang berbahaya, namun bantuan dari sayap harus diperhatikan Jerman karena sayap Argentina memiliki kecepatan. Barisan bek Argentina memang tidak begitu bagus, tapi untuk melewati bek Argentina, Jerman harus melwati barisan gelandangnya yang bagus dalam bertahan. Agak sulit bagi penyerangan Jerman jika masih mempertahankan pola menyerang seperti biasa.

Pelatih

Argentina: Gaya permainan Argentina di bawah Diego Maradona susah ditebak, tapi yang pasti serangan bakal berpusat dari tridente mereka. Maradona juga motivator yang baik bagi Argentina.

Jerman: Joachim Loew mungkin bakal mengeluarkan tim yang sama seperti ketika melawan Inggris. Kelemahan Loew seperti biasa adalah, taktiknya lebih mudah ditebak.

Prediksi

Melawan Argentina akan sangat berbeda ketika melawan Inggris. Argentina lebih cepat dan lebih kreatif dalam menyerang. Jerman lebih bertenaga, lebih bersemangat, dan bisa dibilang lebih beruntug. Kelemahan terbesar Jerman adalah mental, dimana mental Jerman tidak seperti biasanya karena diisi pemain muda. Bila Argentina bisa mencetak gol lebih dulu, kemungkinan mental tim Jerman bisa lebih drop. Selain itu, penyerangan Argentina juga jauh lebih bagus dari pertahanan Jerman, jadi Argentina lebih unggul karena penyerangan.

Argentina vs Jerman  : 55:45

2 responses

  1. rudy

    hehemm,,,setuju deh sama km,,,argentina memang lbih diunggulkan,,,tp gmn nih gra2 guritanya si jerman,,,,,byk org meyakini klo jerman bkln menang,,,hiks..hiks…

    1 Juli 2010 pukul 2:24 PM

    • ane sebenernya fans Jerman sih, tapi ngeliat jerman main ama argentina main….kayanya udh impossible mission buat jerman
      nanti kita liat aja bro, hokinya jerman ato skillnya argentina yg menang

      2 Juli 2010 pukul 3:58 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s