ágætis byrjun er góður endir, good beginning is a good ending

Post-Rock

Akhir-akhir ini, untuk melepas rasa lelah karena mengurus kepanitiaan, dan merenungi nasib yang tak kunjung dapat pacar (?) saya mulai menyukai lagu-lagu bergenre post-rock untuk menemani kegalauan saya saat ini, dan meninggalkan lagu-lagu galau barat dan dalam negeri yang biasanya menemani saya di saat galau.

Mungkin akan ada yang bertanya, genre seperti apakah post-rock? Ya, memang genre ini masih jauh dari dunia mainstream dan tidak banyak orang yang mendengarnya. Post-rock adalah genre yang berbeda dengan rock, tapi lagu-lagunya dimainkan dengan instrumen musik rock macam gitar, bas, dan drum namun harmoni, musik, dan suara yang dihasilkan tidak seperti lagu-lagu rock pada umumnya.

Do Make Say Think

Mogwai, pencetus post-rock modern

Sigur Ros

Rata-rata lagu post-rock mengutamakan pada harmoni instrumen musiknya daripada vokal, oleh karena itu kebanyakan band post-rock adalah band instrumental. Sound post-rock juga mengkombinasikan genre-genre lainnya, seperti ambient, jazz, dan electronica, sehingga menghasilkan sound-sound yang berbeda dan kadang minimalis.

Istilah Post-rock pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan band Tortoise dan Bark Psychosis, namun sejak era 60-an, musik-musik yang mirip dengan post-rock sudah ada, seperti yang ditunjukkan The Velvet Underground, band-band Krautrock, dan Public Image Ltd. di tahun 70-an. Post-rock yang sesungguhnya di era 90-an memilki sound yang berbeda dengan post-rock yang populer sekarang ini. Band post-rock generasi pertama seperti Tortoise, Talk Talk, dan Bark Psychosis memasukkan genre-genre musik lain seperti yang disebutkan diatas. Namun Mogwai, band instrumental rock juga disebut post-rock oleh media. Musik Mogwai yang mempunyai konsep quiet/loud sound, pola lagu yang unkonvensional (tidak verse-chorus-verse), menjadi dasar bagi band-band post rock modern sekarang ini. Sekarang ini, band post-rock yang cukup populer adalah Sigur Ros, Mogwai, Godspeed You! Black Emperor, Mono, Explosions In The Sky, dan Do Make Say Think.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s